• January 16, 2022

Promil Tepat, Pasutri Bahagia

Hai sista!

Adakah sista disini yang baru saja menikah atau sudah lama menikah Tapi belum dikaruniai buah hati? Jangan sedih ya sista. Perkembangan zaman yang semakin canggih memungkinkan sista untuk segera memiliki buah hati, lho.

Bagi sista yang bertanya, bagiamana sih untuk segera memiliki buah hati ?

Pada sebagian pasangan kehamilan bisa datang dengan mudah. Namun, pada pasangan lainnya dibutuhkan usaha lebih untuk memiliki buah hati. Oleh sebab itu, dibeberapa kasus pasangan yang belum memiliki keturunan datang ke dokter kandungan untuk mengkonsultasikan kondisinya agar bisa segera mendapatkan buah hati. Konsultasi program hamil adalah prosedur pemeriksaan sebelum pasien menjalani masa kehamilan. Tahap ini merupakan tahap awal yang dapata dilakukan pasangan yang berencana untuk menjalani proses kehamilan dengan prosedur yang bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal yang dapat mempengaruhi kemampuan pasien untuk hamil dan menjalani kehamilan serta meningkatkan peluang bayi lahir sehat.

Untuk melancarkan program ini, disarankan untuk mengumpulkan kembali secara lengkap data riwayat kesehatan terutama jenis penyakit yang dapat meningkatakan resiko komplikasi saat kehamilan. Bagi perempuan, usia dibawah 35 tahun akan memberikan peluang besar untuk terjadinya kehamilan karena pada usia ini umumnya masih memiliki banyak sel telur yang sehat dan siap dibuahi.

Lalu, bagaiamanakah cara program hamil yang tepat?

Untuk dapat mencapai keberhasilan dengan pembuahan alami, sista dan pasangan dapat melakukan langkah berikut ini:

  1. Menghentikan penggunaan kontrasepsi

Menghentikan penggunaan kontrasepsi beberapa bulan sebelum memulai program hamil merupakan pilihan yang tepat bagi sista dan suami untuk mempermudah program hamil tersebut. Terutama bagi sista yang telaha mengkonsumsi kontrasepsi oral dan hormonal dalam waktu yang cukup lama.

  • Mengenali masa subur

Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang teratur, mendeteksi masa subur akan lebih mudah. Ini karena sista dapat mengetahui kapan terjadinya masa ovulasi (pematangan sel telur) sehingga berhubungan intim dapat efektif sesuai masa subur sista. Selain itu, sista juga bisa menggunakan alat prediksi ovulasi atau metode susu basal.

  • Meningkatkan frekuensi hubungan intim

Melakukan hubungan intim beberapa kali seminggu segera setelah sista berhenti menstruasi. Dokter akan menyarankan terutama pada tiap 2 hari sekali, dimulai sekitar 10 hari setelah selesai menstruasi.

Selain cara diatas, sista juga dapat melakukan program hamil yang terdiri dari beberapa prosedur pemeriksaan, yaitu:

  1. Pemeriksaan riwayat kesehatan

Pada tahap ini, dokter akan memberikan pertanyaan tentang beberpa hal:

  • Riwayat kesehatan pasien
  • Riwayat kesehatn keluarga
  • Riwayat reproduksi, meliputi kehamilan sebelumnya, siklus menstruasi, riwayat kontrasepsi, dan infeksi menular seksual.
  • Riwayat operasi, terutama pada organ reproduksi
  • Obat yang sedang dan atau telah dikonsumsi
  • Riwayat vaksinasi
  • Riwayat sosial dan emosisonal
  • Lingkungan rumah dan tempat kerja, mengenai bahaya yang akan ditimbulkan dan dapat mempengaruhi kemampuan sista untuk hamil.
  • Pola hidup untuk mempersiapkan sista sebelum menjalani kehamilan.
  • Pemeriksaan fisik, ini bertujuan untuk mengetahui kondisi tubuh pasien sebelum menjalani masa kehamilan
  • Pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan ini dilakukakn dengan menggunakan sampel urine, darah dan juga jaringan rahim yang bertujuan untuk mendeteksi berbagai kelainan.
  • Pemindaian, ini bertujuan untuk melihat keadaaan organ reproduksi melalu pemeriksaan USG, Histerosalpingografi dan laparaskopi.

Pemeriksaan tersebut bukan hanya dilakukan oleh wanita, namun juga dokter menyarankan dilakukan pemeriksaan juga pada pria untuk menentukan tingkat kesuburan, sehingga proses kehamilan lebih cepat tercapai.

Apabila hasil dari pemeriksaan terdapat kelainan, dokter akn melakukan tindakan pengobatan dan memberikan terapi untuk meningkatkan kesuburan baik bai sista mapun pasangan.

Dalam menentukan program hamil, khusus pasangan yang belum memiliki keturuan selama kurang lebih 2 tahun dan telah menjalani berbagai terapi untuk meningkatkan kesuburan namun tidak memberikan hasil dokter akan memberikan pilihan program bayi tabung.

Baca Juga: Mencegah Penyakit Tetanus Pada Ibu Hamil Dan Janin Dengan Vaksin TT

Selain melakukan program hamil, sista dan pasangan juga dapat melakukan beberapa hal untuk meningkatkan peluang kehamilan seperti, mengonsumsi asam folat, menghindari bahan kimia beracun dan lingkungan yang terkontaminasi material berbahaya, berolahraga teratur, menjaga kesehatan mental dan menghindari stres,  dan menjaga berat badan tetap ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *