• January 16, 2022

Manfaat Jambu Biji Bagi Ibu Dan Perkembangan Janin

Hallo moms!

Jambu biji merupakan buah yang mudah ditemui. Selain memiliki rasa yang lezat dan harga yang cukup ekonomis, jambu biji juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Pada saat kehamilan, moms memerlukan nutrisi yang cukup baik yang bersumber dari sayur, buah-buahan, vitamin dan mineral lain yang baik bagi kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin.

Mengutip dari National Health Service mengonsumsi buah dan sayur dapat menambah asupan vitamin dan juga serat yang bermanfaat untuk kesehatan. Buah dan sayur tersebut berperan penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan dan pembentukan janin. Salah satunya adalah jambu biji, jambu biji merupakan buah yang dapat membantu memperkuat imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam jambu biji terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dimana kandungan vitamin C ini berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel imun dari kerusakan akibat pengaruh radikal bebas.

Duduk santai sambil berkomunikasi dengan janin ditemani segelas jus buah jambu biji bisa jadi opsi lho moms.

Lalu, bagaimana sih manfaat dari si bulat hijau ini? Yuk simak beberapa ulasannya.

Menurut data komponen pangan Indonesia, jambu biji mengandung banyak nutrisi seperti serat, karbohidrat, kalsium, fosfor, natrium, kalium, tembaga, seng, beta karoten, zat besi, vitamin B1, B2, B3 dan B9. Selain nutrisi tersebut, jambu biji kaya akan vitamin C dan Vitamin E.

Berikut manfaat buah jambu biji bagi ibu dan janin:

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Selama kehamilan ada saat tertentu moms akan merasa tidak nyaman dan terganggu dalam melakukan aktivitas sehari-hari karena memiliki masalah pencernaaan terutama pada saat kehamilan memasuki tahap akhir kehamilan pada trimester ketiga, hal ini dapat disebabkan oleh adanya kesulitan buang air besar (BAB) dimana kondisi ini dipengaruhi oleh pembesaran rahim seiring berkembangnya usia kehamilan sehingga saluran untuk buang air besar tetekan dan mengganggu proses pengeluaran feses/tinja.

taukah moms? selain banyak mengonsumsi  air, moms juga memerlukan tambahan serat untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut.  Nah, didalam jambu biji terkandung serat yang dibutuhkan moms, lho.

  • Mengurangi tekanan darah tinggi

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan yang salh satunya ditandai dengan adanya peningakatan tekanan darah meskipun sebelumnya moms tidak memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Sebuah penilitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi terutama pada ibu hamil. Akan tetapi, ini masih perlu dikakukan penelitian lebih lanjut. Namun tidak ada salahnya moms mencoba mengkonsusmsi jambu biji untuk dapat merasakan manfaatnya.

  • Mencegah komplikasi kehamilan

Kandungan vitamin C dan E yang ada didalam jambu biji dapat meningkatkan antioksidan sehingga mampu menghambat radikal bebas dan sel-sel tubuh akan terlindungi dari peradangan serta bermanfaat untuk membantu mencegah komplikasi kehamilan.

  • Mengurangi resiko pegal dan kram otot

Tekanan yang diberikan janin seiring perkembangan usia kehamilan ibu akan mempengaruhi tulang belakang sehingga ibu mudah mengalami masalah sendi dan kram otot. Namun, untuk mengurangi keluhan tersebut dokter akan menyarankan moms untuk banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan salah satunya jambu biji yang mengandung mineral yang penting untuk mengurangi keluhan sendi dan otot.

  • Meningkatkan penyerapan zat besi

Zat besi merupakan unsur yang memiliki peranan penting untuk membantu mengalirkan oksigen ke janin. Pada saat kehamilan zat besi sangat dibutuhkan sehingga jumlah yang harus dikonsumsi juga bertambah menjadi 2 kali lipat.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil, dimana kondisi ini moms akan merasa mudah lelah, pusing, lemas dan dapat menyebabkan perdarahan saat persalinan.

  • Mendukung perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir

Moms, selain zat besi moms juga membutuhkan asam folat untuk memproduksi sel darah merah sekaligus juga membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang serta berperan dalam pembentukan, perbaikan dan fungsi DNA yang akan mempengaruhi pertumbuhan plasenta dna perkembangan janin. Nah dengan mengkonsumsi jambu biji moms bisa mengurangi resiko kekurangan asam folat selama kehamilan.

  • mencegah berat bayi lahir rendah

bukan hanya untuk ibu, zat besi juga sangat bermanfaat bagi perkembangan janin di dalam rahim ibu, ini disebabkan karena zat besi tersebut membantu prosuksi sel darah  untuk janin. Darah yang diproduksi ini mengandung hemoglobin yang dibutuhkan janin untuk mendapatkan asupan makanan dan oksigen. Dengan tambahan zat besi yang terkandung dalam jambu biji ini akan mengurangi resiko berat bayi lahir rendah.

Bagaimana mengkonsumsi jambu untuk ibu hamil? Penting untuk moms untuk selalu memperhatikan kebersihan dari makanan yang kita konsumsi dengan cara mencuci bersih dan mengupas kulitnya untuk menghindari resiko bakteri yang mungkin masih menempel dikulitnya. Jambu biji dapat dikonsumsi utuh maupun diolah menjadi jus untuk dijadikan menu harian maupun cemilan saat bersantai. Selain jambu biji moms juga harus memperhatikan kebutuhan nutrisi lain selama kehamilan untuk mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin serta meningkatkan daya tahan tubuh moms sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *