• August 14, 2022

7 Tips Agar Tidak Melahirkan Bayi Prematur

Mempunyai bayi yang lucu, cerdas dan sehat merupakan harapan bagi setiap orang tua. Oleh sebab itu, saat melahirkan adalah salah satu moment penting dalam hidup setiap orang tua dan khususnya seorang ibu. Tentu saja untuk sebagian wanita, ada beberapa mitos tentang melahirkan yang terkadang membuatnya khawatir, selain itu yang menjadi salah satu yang menjadi ketakutan para ibu hamil adalah melahirkan bayi secaraprematur.

Apabila Andaingin mencegah supaya tidak melahirkan prematur, sebaiknya coba untuk memperhatikan 7 tips agar tidak melahirkan bayi prematurseperti yang pernah dilansir dari The Stir seperti berikut ini.

1. Selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi

Jangan pernah malas untuk menggosok gigi setelah makan dan juga sebelum tidur selama masa kehamilan. Sebab sebuah penelitian ilmiah pernah menyebutkan bahwapenyakit gusi dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur.

2. Tidak meninggalkan sarapan

Beberapa ahli dalam penelitiannya pernah mengaitkan antara kebiasaan melewatkan sarapan seorang ibu dengan bayi yang lahir prematur. Jadi apabila tidak ingin hal tersebut terjadi, sebaiknya mulai sekarang Anda harusrajin sarapan.

3. Vaksin untuk flu

Vaksin untuk menangkal sakit flu mungkin terdengar tidak penting ditelinga kita. Tapi hal hal ini perlu untuk  dilakukan. Karena flu juga termasuk salah satu yang menjadi penyebab bayi bisa lahir secara prematur.

4. HIndari Alk-ohol dan ro-kok

Meskipun beberapa penelitian pernah menyebutkan bahwa ibu hamil cukup aman untuk mengkonsumsi wi’ne, namun ada baiknya apabila mengkonsumsi alk-ohol dan juga kebiasaan mero-kok dihentikan untuk mencegah bayi lahir prematur.

5. Menjaga berat badan

Pada saat masa kehamilan, wanita normalnya akan mengalami sebuah peningkatan pada berat badannya. Sebaiknya Anda sesuaikan peningkatan berat badan yang ada dengan usia kehamilan. Sebab jika berat badan kurang dari batas normal atau terlalu kurus pada saat hamil dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur. Lalu bagaimana dengan berat badan yang berlebih? Anda dapat membacanya dalam artikel berjudul Bahaya Kegemukan Bagi Ibu Hamil.

6. Rutin periksa ke dokter dan selalu vitamin

Selain rajin untuk kontrol ke dokter kandungan, Anda juga jangan malas untuk minum vitamin. Menjaga kesehatan diri sendiri dan juga bayi dalam kandungan tentu menjadi faktor utama untuk dapat menjalani persalinanyang lancar.

7. Minum air putih yang cukup

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab kontraksi yang akhirnya dapat memicu bayi lahir secara prematur. Makanya, selama masa kehamilan, jangan malas untuk cukup minum air untuk dapat mencegah kondisi tersebut. Selain itu ada beberapa efek lain jika Anda mengalami dehidrasi selama hamil, Anda dapat membacanya dalam tulisan berjudul Bahaya Dehidrasi Bagi Ibu Hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published.