• May 28, 2022

5 Persiapan Wajib Sebelum Persalinan

Melakukan banyak persiapan pada hari-hari terakhir masa kehamilan sangat penting bagi seorang calon ibu. Pasalnya kondisi seorang ibu hamil pada hari-hari terakhir sebelum persalinan ini dapat memudahkan Anda pada saat melahirkan. 

Kemudahan pada saat melahirkan merupakan buahatau hasil persiapan yang matang menjelang persalinan. Jadi, sebagai ibu hamil sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan oleh calon ibu ini terlebih dahulu, berikut 5 persiapan wajib sebelum melahirkan (persalinan) seperti yang pernah dimuat dalam laman Magforwomen.

1. Senantiasa berbicara dengan bayi Anda

Letakkan tangan Anda dengan lembut pada perut dan kemudian bicaralah dengan bayi Anda tiap hari. Bayi Anda mampu mendengarkan suara ibunya, bahkan ia mengerti apa yang Anda ucapkan. Beritahu pada bayi yang ada dalam kandungan Anda bagaimana perasaan Anda memiliki dia atau tentang dia dalam diri Anda dan berbagaipengalaman positif bahwa Anda sangatbersyukur telah dikaruniai Tuhan untuk memiliki dia. Katakan pada diri Anda sendiri dan sanga bayi bahwa Anda berdua tidak usah panik dan cemas selama proses persalinan nanti. Kemudian berjanji untuk dapat melewati proses persalinannyadengan tenang.

Biasanya upaya seperti ini cukup berhasil untuk membantu Anda agar dapat menikmati setiap momen saat berada di ruang bersalin. Setelah itu efeknya pada setiap kontraksi yang Anda rasakan akan mampu membantu bayi makin mendekat. Meskipun rasa sakit mungkin tidak akan berkurang, namun visualisasi positif seperti ini dapatmembantu Anda untuk bertahan dalam persalinan ketikasaatnya tiba.

2. Jauhkan diri Anda dari kesibukan

Perbanyaklah istirahat jika pada saat-saat kelahiran buah hati Anda sudah semakindekat. Namun hal ini bukan berarti mesti istirahat terus sepanjang hari, Anda harus juga perlu melakukan aktivitas ringan agar fleksibelitas tubuh selaluterjaga. Berbagai aktifitas ringan yang dapat dilakukan ibu hamil misalnya saja seperti menulis, melukis, mendengarkan musik,bernyanyi atau kegiatan positif lainnya.

3. Banyak membacatentang cara merawat bayi

Sebagai calon ibu baru, Anda harus bisa melakukan banyak hal untuk menjadi seorang ibu yang baik, seperti akan membiasakan diri memegang dan juga menyusui bayi, memandikannya, mengganti popoknya, memberi senam bayi dan lain lain. Namun nanti Anda tidakakan punya banyak waktu untuk mencari pengetahuan tentang cara merawat bayi setelah melahirkan. Oleh karena itu, cara yang paling baik untuk mendapatkan semua pengetahuan tentang hal itu adalah banyak membaca tentang seluk beluk perawatan dan cara membesarkan bayi di masa kehamilan, terutama bagi Anda yang diperkirakan hari lagi akanmelahirkan. Tentang cara merawat bayi dan berbagai seluk beluknya silahkan lihat disini.

4. Dapatkan kein-timandengan suami

Beberapa hari terakhir menjelang kehamilan dapatmembuat seorang calon ibu benar-benar stres. Karena ituberbagi kekhawatiran Anda dengan suami dan mendapatkankebutuhan secara in-tim dapat membantu Anda untuk mengurangi stres dan juga lebih rileks.

5. Lebih banyak berdo’a

Sebagai manusia tentu semua yang kita usahakan akan sia-sia jika tanpa kasih sayang Yang Maha Kuasa. Oleh karena itu perbanyaklah berdo’a pada Allah, bahkan lebih banyak dari biasanya agar diberi kelancaran dan kemudahan pada saat persalinan nanti, ini juga akan memberikan ketenangan di dalam hati Anda serta membuat Anda lebih optimis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.