• August 14, 2022

4 Kemungkinan Penyebab Bayi Muntah dan Sakit Perut

Muntah adalah ketika isi perut bayi kamu naik kembali dengan mudah dan tidak dengan paksa melalui mulut mereka. Mutah Ini sering disertai dengan sendawa. Tidak sama dengan muntah, yaitu ketika bayi kamu memuntahkan isi perutnya dengan paksa dan kontraksi otot.

Dikutip dari webmd.com, Ada berbagai macam penyebab anak dapat sakit perut hingga muntah, Gejala sakit perut mungkin datang dengan cepat atau mungkin sudah ada untuk sementara waktu. Rasa sakitnya mungkin stabil, memburuk, atau mungkin datang dan pergi, dan bisa ringan atau parah. Kenali penyebab dari muntah hingga sakit perut anak sehingga anak dapat merasa lebih baik.

Sembelit

Sembelit sering terjadi pada anak-anak. Umumnya, seorang anak sembelit jika mereka memiliki 2 atau kurang dari 2 buang air besar (kotoran) per minggu. Kebanyakan anak buang air besar setiap 2 sampai 3 hari. Bayi yang diberi ASI hanya bisa buang air besar seminggu sekali.

Seringkali, sembelit pada anak-anak tidak memiliki penyebab fisik dan terjadi karena mereka sebelumnya telah mengalami buang air besar yang menyakitkan atau tidak menyenangkan. Encopresis adalah suatu kondisi di mana tinja yang terkena dampak sebagian menghalangi usus bagian bawah, menyebabkan kebocoran diare di sekitar penyumbatan.

Terjebak angin

Gas usus (angin) adalah hal yang normal dari pencernaan. Nyeri angin sangat umum terjadi pada bayi baru lahir, dan mereka menelan udara saat mereka menyusu dan menangis. Jika bayi menggeliat atau menangis saat menyusu, mereka mungkin terkena angin. Jika mereka menangis saat berbaring setelah makan, ini juga bisa menjadi angin.

Bayi membuang angin dengan bersendawa atau mengeluarkan angin dari pantatnya (kentut). Mereka mungkin membutuhkan bantuan dalam hal ini. Ada beberapa teknik yang dapat membantu kamu untuk menyendawakan bayi setelah menyusu.

Memasukan Mainan Kedalam Mulut

Umumnya bayi memasukkan mainan kedalam mulutnya untuk mengeskplorasi atau bahkan menginspeksi) seisi rumah. Sebagai orangtua penting untuk kita memilih mainan yang sesuai dengan umur anak agar tekstur dari mainan pun dapat menyesuaikan keadaan mulut mereka. Namun, penyebab dari anak sering sakit perut sampai muntah mungkin berasal dari sini. Mainan yang dimasukkan anak mungkin telah terjatuh ke lantai dan membuat mainan tersebut kotor sehingga banyak bakteri yang menyebabkan bakteri tersebut membuat perut anak sakit hingga muntah.

Keracunan makanan

Keracunan makanan disebabkan oleh kuman yang tumbuh dalam makanan yang tidak disiapkan atau disimpan dengan buruk. Gejalanya sama dengan gastroenteritis, tetapi biasanya lebih parah. Sekali lagi, bayi dan anak kecil lebih berisiko mengalami dehidrasi daripada anak yang lebih besar dan perawatan harus dilakukan untuk memastikan mereka tetap terhidrasi. Lihat di bawah untuk cara mengobati dehidrasi.