• January 16, 2022

20 Tanda-Tanda Kehamilan Yang Jelas Terasa Dan Terlihat

Untuk seorang wanita yang sudah menikah, kehamilan merupakan moment yang ditunggu-tunggu, meskipun ada sebagian pasangan yang menundanya dengan berbagai alasan. Nah bagi Anda yang sedang menunggu saat-saat mengandung bayi, berikut 19 tanda-tanda kehamilan yang jelas terasa dan terlihat serta mudah dikenali:

1. Perubahan beberapa bagian tubuh

Bukan hanya bagian perut yang membesar pada saat seorang wanita sedang memasuki kehamilan. Tapi beberapa bagian lain seperti bagian bok0ng, paha serta dada dan lengan biasanya akan mengalami pembengkakan.

2. Buang air kecil makin sering dan konstipasi

Pada saat hamil, janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan bagian kandung ke-mih sehingga frekuensi buang air kecil juga akan bertambah. Kandung ke-mih juga lebih cepat dipenuhi dengan urine dan keinginan untuk buang air kecil akan jadi lebih sering.

3. Gejala PMS

Anda merasakan sebuah gejala PMS yang sama dengan yang Anda rasakan pada setiap bulan. Seperti perut kembung, nyeri pinggang, nyeri pada pay-udara, bahkan selera makan yang makain meningkat.

4. Dada mulai bengkak dan lembut

Nyeri ataupun kesemutan pada pay-udara merupakan salah satu tanda kehamilan yang paling umum. Pada awal kehamilan, dada akan lebih berisi dan berubah bentuk karena persiapan untuk menghasilkan ASI. Pay-udara pun bisa menjadi sangat lembut serta sensitif dalam waktu beberapa bulan. Tapi tidak semua wanita mengalami perubahan seperti ini, terutama apabila mereka telah memakai pil KB. 

5. Mudah Lelah

Di awal masa kehamilan, Anda akan merasakan cepat atau mudah lelah. Rasanya Anda hanya ingin bermalas malasan saja. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh sedang melakukan penysuaian diri dengan adanya ‘makhluk’ baru. Meningkatnya hormon proges-teron juga sering dihubungkan dengan tanda kehamilan yang satu ini. Selain itu Anda juga mungkin jadi mudah lelah dikarenakan menurunnya kadar gula darah dan juga tekanan darah.

6. Mual di pagi hari (Morning Sickness)

Mual merupakan gejala kehamilan yang paling sering dialami wanita. Rasa mual dapat terjadi karena meningkatnya hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin. Meningkatnya hormon HCG ini memberikan efek pedih di lapisan perut sehingga dapat menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual seperti ini akan pergi pada saat  Anda memasuki trimester ke 2 kehamilan. Selain merasa mual, Anda juga akan merasa lebih sensitif pada beberapa aroma atau bau tertentu. Sebagian peneliti menduga bahwa gejala ini terjadi supaya wanita hamil tidak sembarangan makan, sehingga melindungi bayinya dari berbagai zat yang berbahaya.

7. Perubahan Mood

Wanita hamil mempunyai mood yang mudah sekali berubah. Bisa saja dalam satu waktu Anda sedang merasa bahagia, tapi beberapa waktu kemudian Anda malah menjadi marah pada suami hanya karena masalah yang sepele. Tidak perlu khawatir  dengan perubahaan mood seperti ini, karena ini normal saja. Mood wanita hamil dapat berubah karena terjadi perubahan hormon secara drastis di dalam tubuhnya.

8. Munculnya bercak darah atau flek

Bercak darah ini dapat muncul sebelum periode menstruasi yang akan datang, biasanya hal ini terjadi antara 8 hingga 10 hari setelah terjadinya ovu-lasi. Bercak darah ini muncul karena implantasi atau menempelnya embrio di dalam dinding rahim. Adanya bercak darah pada saat kehamilan seringkali disalahartikan sebagai menstruasi.

9. Kram Perut

Selain itu, munculnya bercak darah biasanya juga diikuti oleh kram perut. Kram perut pada saat kehamilan akan terjadi dengan teratur. Dan kram perut seperti ini akan terus berlanjut hingga kehamilan memasuki trimester kedua, sampai posisi uterus berada ditengah dan telah disangga oleh panggul.

10. Terlambat datang bulan

Salah satu dari tanda kehamilan yang sangat jelas adalah terlambatnya datang bulan. Akan tetapi  tidak semua keterlambatan itu dapat diartikan sebagai tanda kehamilan. Anda bisa saja telat datang bulan karena stres, diet ataupun karena gangguan hormonal. Selain itu, pada beberapa wanita juga ada yang mengalami pendarahan ataupun spotting (timbulnya bercak darah). Segera konsultasikan ke dokter kandungan tentang masalah tersebut.

11. Pusing dan sakit kepala

Gangguan pusing serta sakit kepala yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil dikarenakan faktor fisik, misalnya seperti rasa lelah, rasa lapar, mual dan juga tekanan darah rendah. Sedangkan yang menjadi penyebab emosional yaitu karena adanya perasaan tegang dan juga depresi. Selain itu meningkatnya pasokan darah ke seluruh tubuh juga dapat menyebabkan pusing ketika ibu hamil berubah posisi.

12. Sering meludah

Tanda kehamilan yang ini terjadi karena pengaruh dari perubahan hormon estrogen, hal ini biasanya terjadi pada saat kehamilan di trimester pertama. Kondisi seperti ini biasanya menghilang setelah usia kehamilan masuk trimester kedua

13. Naiknya temperatur basal tubuh

Apabila terjadi kehamilan, maka suhu basal pada tubuh ibu akan meningkat. Kondisi seperti ini akan bertahan selama berlangsungnya kehamilan.

14. Sakit punggung

Biasanya, Anda mungkin tidak pernah punya masalah dengan yang namanya sakit punggung. Tapi sekarang, punggung bagian bawah ternyata terasa nyeri. Apabila Anda benar-benar hamil, gangguan seperti ini akan terus terjadi hingga melahirkan kelak.

15. Ngidam atau ingin makanan tertentu

Tanpa sebuah alasan yang jelas, mendadak Anda sangat ingin makan makanan tertentu, bahkan yang sebelumnya mungkin bukan merupakan makanan favorit Anda. Atau bisa saja sebaliknya, Anda tiba-tiba merasa tidak selera bahkan benci dengan makanan yang selama ini menjadi makanan favorit Anda.

16. Sembelit

Sembelit pada wanita hamil dapat terjadi akibat peningkatan hormon proges-terone. Hormon ini selain dapat mengendurkan otot-otot rahim, juga dapat berdampak pada kendurnya otot dinding usus sehingga dapat menyebabkan sembelit ataupun susah buang air besar. Tapi keuntungan dari keadaan seperti ini adalah peyerapan nutrisi akan lebih baik pada saat hamil.

17. Sensitif pada bau

Anda merasa tidak enak pada berbagai macam bau, terutama pada aroma makanan tertentu. Bahkan karena tidak kuat, bau tertentu dapat membuat Anda merasa mual dan muntah!

18. Positif tes kehamilan

Hasil uji atau tes kehamilan menunjukkan sebuah tanda positif. Namun, apakah itu berarti Anda benar-benar sudah hamil? Belum tentu, Anda bisa mendapat jawaban yang benar-benar akurat, setelah pergi ke dokter kandungan untuk pemeriksaan USG.

19. Ae-rola Menghitam

Selain dada yang lebih berisi atau membengkak, salah satu tanda kehamilan lainnya adalah dengan area ae’rola atau area sekitar pu-ting warnanya jadi lebih gelap.

20. Ada janin

Pemeriksaan USG dapat menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam perut? Selamat! Jaga perkembangan bayi hingga tiba waktunya bersalin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *