• June 28, 2022

16 Cara Mudah Mengatasi Mual Saat Hamil

Kehamilan adalahmomentyang paling indah di dalam hidup seorang wanita. Saat hamil biasanya banyak hal sukacita yang dilewati dan terjadi di dalam hidup seorang wanita. Salah satunya yang sering dan paling mudah ditemui adalah rasa mual yang terutama cukup sering terjadi di pagi hari atau yang lebih dikenal dengan morning sickness.

Meningkatnya hor-mon estro-gen dan hor-mon tiroksin yang menjadi salah satu penyebab Anda mual. Kadang-kadang pada beberapa wanita, mual seperti ini adaberlangsung hingga cukup parah. Oleh sebab itu untuk menghindarinya, Anda bisamelakukan beberapa macam perawatan rumahan atau medis seperti berikut ini. Inilah 16 cara mudah mengatasi mual saat hamil (morning sickness):

1. Banyak beristirahat

Jika Anda sedang dalam masa kehamilan, Anda memang sangat disarankan untuk mempunyai banyak waktu istirahat. Istirahat dapatmembuat tubuh Anda menjadi rileks dan mampu meminimalisir gejolak hor-mon yang bisa menyebabkan perut terasa mual.

2. Bangun tidur denganperlahan

Ketika bangun dari tidur, sebaiknya bangunlah secara perlahan. JikaAnda bangun dengantiba-tiba, maka ada sebuah sentakan yang dapat mengagetkan tubuh Anda dan juga dapat membuat Anda merasa mual.

3. Mengkonsumsi makanan sehat

Ketika hamil, hindari mengkonsumsi makanan yang bisa memicu mual. Salah satunya ialahkafein. Kafein terbukti cukup buruk bagi kehamilan Anda sebab bisameningkatkan asam yang ada di dalam perut yang bisamemperparah rasa mual Anda.

4. Perbanyak aktivitas fisik

Aktivitas fisik yang selalu Anda lakukan mampu untuk mengurangi rasa mual yang parah sebab aktivitas fisik dapat memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh Anda sehingga Anda dapat terhindar dari mual. Namun tentu saja bukan aktifitas fisik yang berat, karena itu tidak baik juga bagi bagi kandungan.

5. Janganterlalu banyak memakai komputer

Ukuran tulisan yang cukup kecil di layar komputer bisa membuat Anda menjadi pusing dan hal ini juga akan meningkatkan rasa mual Anda menjadi lebih parah.

6. Konsumsi air jahe

Air jahe merupakanobat herbal alami untuk dapat meringankan gejala mual. Selain itu cairan tersebut dapat menghindarkan ibu hamil dari dehidrasi. Karena bahaya dehidrasi bagi ibu hamil cukup beresiko bagi kandungan sebagaimana yang pernah dibahas dalam blog ini.

7. Minum multivitamin ibu hamil

Tablet multivitamin untuk kehamilancukup penting untuk ibu hamil. Anda dapat mengonsumsinya secara individual, tapi produk multivitamin khusus untuk masa kehamilan yang lebih baik adalah dengan rekomendasi dari dokter kandungan Anda.

8. Mendengarkan musik

Siapkan pemutar musik dan nyalakan kompilasi lagu khusus yang dimusikalisasi untuk menenangkan Anda pada masa kehamilan seperti ini. Atau Anda juga dapat mencoba Morningwell audio programme dengan mendownloadnya di www.morningwell.co.uk, CD yang berisi paduan musik dan juga berbagai sinyal audio yang telah diolah untuk mengatasi gejala mual muntah. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa CD  ini terbukti 90% sukses mengatasi morning sickness. Telinga kita memang telah terhubung dengan perut, pada saat kita mendengar sebuah kabar buruk misalnya, perut pun kadang ikut mulas bukan? CD mix ini diyakini bisa menginterupsi perjalanan pengiriman sinyal ke otak yang biasanya dapat menyebabkan mual.

9. Minum teh mint

Tidak semua ibu hamilmau minum teh jahe yang selama ini bisa dibilang cukupmanjur untuk meredakan mual. Beberapa riset yang pernah dilakukan di mancanegara juga mengkhawatirkan efek dari mengkonsumsi jahe secara berlebihan selama masa kehamilan pada janin. Mengapa Anda tidak coba minum teh pepermint yang khasiatnya sama-sama baik untuk perut Anda?

10. Terapi akupuntur

Sebuah studi terakhir di bidang kedokteran telah membuktikan bahwa akupunktur, ilmu pengobatan tradisional asal Asia Timur dengan tu-sukan jarum khusus di titik-titik tertentu pada area tubuh, dapat membantu untuk membuat nyaman mual muntah dengan target tu-sukan pada seputar lengan. Sekarang ini beberapa rumah sakit besar di Jakarta dan juga Bandung telah dilengkapi dengan dokter yang sekaligus ahli akupunktur ataupun akupunkturis yang bersertifikat.

11. Menulis diary

Catat dengan baikwaktu-waktu pada saat Anda mengalami mual, berilahkomentar dan juga testimoni pengalaman Anda pada saatmerasakannya, sehingga Anda dapatmengetahui kapan waktu yang aman terbebas dari rasa mual dan Anda juga bisamerencanakan makan Anda, yang tentu saja sangat penting untuk periode kehamilan. Rekam pula di dalam buku harian tersebut hal-hal penting apa saja yang Anda lakukan dalam seharian itu, misalnya seperti aktifitas, makanan yang selalu disantap dan juga lokasinya. Buku harian seperti ini sangat bermanfaat untuk mengidentifikasi pemicu rasa mual muntah sehingga Anda bisa menghindarinya.

12. Minum cuka

Pada saat hamil, kelenjar-kelenjar yang ada di dalam mulut akan menghasilkan air liur lebih banyak dan ini dapat membuat Anda jadi merasa mual. Campurkan 2 hingga 3 sendok teh cuka alias vinegar dalam secangkir air hangat, kemudian minum sebagai teman sarapan. Teh cuka akan mengeringkan mulut dan juga mengurangi mual.

13. Jalan-jalan di taman

Sebuah riset yang pernah dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa latihan olahraga ringan bisa membantu untuk meringankan berbagai gangguan pada masa kehamilan, termasuk panas dalam dan juga morning sickness. Gunakan jam makan siang Anda untuk keluar sejenak dari kantor dan kemudian berjalan-jalan di sekeliling kantor, tentu akan asyik kalau kantor Anda mempunyaisebuah taman di sekelilingnya. Atau lakukan bisa juga Anda lakukan hal ini di pagi hari, menghirup udara yang segar di taman dekat sekitar rumah.

14. Pilih bahan yang alami

Berbagai macam tumbuhan dan juga mineral bisa dijadikan pengobatan cara homeopati dapat membantu untuk mengatasi mual muntah. Obat-obatan herbal dari homeopati diyakini cukup aman dan bebas dari reaksi yang merugikan. Tentu saja Anda mesti berkonsultasi dengan seorang pakar homeopati profesional serta resmi untuk mendapatkan sebuah pengobatan yang layak.

15. Hirup aromaterapi

Basahi tisu dengan beberapa tetes minyak esensial-aromaterapi lemon ataupun jeruk mandarin untuk dihirup ketika Anda merasa mual. Untuk dapat memilih aromaterapi lainnya, Anda harusberkonsultasi dengan seorang pakar arometerapi karena ada beberapa jenis aroma yang sangat tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan bahkan bisa membahayakan janin.

16. Refleksologi

Tekanan-tekanan di bagian kaki dan juga tangan yang diaplikasikan pada sebuah pijat refleksi diyakini berkaitandengan berbagai organ tubuh. Minta pada ahli pijat refleksi yang berpengalaman dan bersertifikat untuk melakukan pijat titik-titik di kaki yang dapat membantu Anda untuk mengurangi mual muntah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.