• August 14, 2022

11 Tips Sehat Puasa Bagi Ibu Hamil

Ramadan mungkin menjadi hari yang cukup berat bagi beberapa ibu hamil apabila mereka memilih untuk tetap berpuasa. Sebab seorang ibu hamil masih perlu menjaga berbagai asupan nutrisi supaya tetap fit dan bayi dalam kandungannya tetap sehat. Lantas bagaimana caranya untuk tetap menjalani puasa dan bayi tetap dalam keadaan aman? Berikut 11 tips sehat puasa bagi ibu hamil sebagaimana pernah dilansir oleh laman Arabia English Baby Center.

1. Konsumsi nutrisi yang tepat saat sahur dan berbuka

Banyak dokter yang meyakini bahwa ada manfaat puasa untuk kesehatan fisik ibu hamil. Jadi jika ibu hamil tidak pernah mendapatkan gangguan kesehatan yang cukup serius dan mempunyai fisik yang cukup kuat, maka puasa tetap bisa dilakukan. Hal yang mesti Anda ingat adalah agar selalu menghindari stres sebisa mungkin, waktu istirahat yang cukup dan mengkonsumsi nutrisi yang tepat saat sahur dan saat berbuka. Baca juga tentang 8 nutrisi yang tepat untuk ibu hamil.

Image: voa-islam.com

2. Morning sickness saat puasa

Kehamilan tertentu pada trimester awal biasanya identik dengan sering datangnya rasa mual atau yang disebut dengan morning sickness. JIkau ibu hamil mengalami kondisi yang sama dan mempengaruhi kondisinya pada saat berpuasa, maka sebaiknya masalah ini segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan.

3. Makan dengan pelan-pelan

Saat datang waktunya berbuka, makanlah pelan-pelan dan juga bertahap serta dengan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

4. Mengakhirkan makan sahur

Sahur disarankan memang disunnahkan untuk dilakukan pada saat menjelang waktu imsak. Ini juga penting untuk ibu hamil agar tahan lapar lebih lama.

5. Minum banyak air

Minum banyak air putih juga dianjurkan setiap hari baik saat sahur atau saat berbuka agar terhindar dari dehidrasi pada saat melakukan puasa. Baca juga tentang bahaya dehidrasi bagi ibu hamil.

6. Cegah sembelit

Untuk dapat mencegah sembelit, bisa Anda atasi dengan cara alami yaitu dengan mengkonsumsi buah kurma secukupnya.

7. Jaga asupan protein hewani

Makanan lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil yang sedang berpuasa ialah protein hewani seperti dari makanan olahan daging, ikan,ayam serta telur.

8. Makan buah dan sayur

Makan banyak sayur dan juga buah-buahan juga tetap harus rajin dilakukan pada saat berpuasa di bulan Ramadan.

9. Kurangi asupan karbohidrat

Perhatikan konsumsi asupan karbohidrat dan juga makanan berlemak, ada baiknya sementara waktu untuk mengurangi jenis makanan seperti itu demi menjaga kesehatan kandungan.

10. Rutin memeriksa kandungan

Beberapa masalah kesehatan yang mungkin terjadi seperti diabetes, gangguan pada ginjal, hati, asma, mengalami tekanan darah tinggi, risiko bayi prematur, sedang mengandung bayi kembar dan berbagai gejala khusus kehamilan lain sebaiknya selalu diperhatikan. Karena masalah tersebut biasanya akan membuat ibu hamil tidak disarankan untuk tetap berpuasa. Rutinlah memeriksakan kandungan Anda ke dokter untuk mengkonsultasikan hal ini.

11. Jangan memaksakan diri

Jika Anda tidak kuat untuk berpuasa dan merasakan pusing, susah untuk bernapas, pandangan agak kabur dan merasakan gerakan yang tampak lemah dari bayi., sebaiknya Anda tidak usah memaksakan diri untuk berpuasa karena hal tersebut menjadi rukhshah (keringanan) dan hal tersebut perlu dilakukan untuk selalu menjaga kesehatan serta keselamatan ibu dan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.